Sains Club
Ekstrakurikuler Sains Club
Ekstrakurikuler Sains Club di SD Yos Sudarso Subang dilaksanakan setiap Selasa, dari pkl. 13.30 – 15.00 bertempat di SD Yos Sudarso Subang.
Latar belakang
Latar belakang sains yang merupakan sebuah ilmu yang berkaitan dengan alam secara sistematis, sehingga sains bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsipprinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Sains diharapkan dapat menjadi sebuah alat yang mengantarkan peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih jauh menekankan pada penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Ekstrakurikuler berfungsi sebagai kegiatan pendidikan di luar jam mata pelajaran untuk membantu mengembangkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik atau tenaga kependidikan yang memiliki kemampuan dan kewenangan.
Dalam hal ini sekolah membuat terobosan untuk mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler sains club di luar program pembelajaran sekolah. Dengan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler sains club diharapkan peserta didik memiliki keterampilan sesuai target dan tujuan yang ingin dicapai sekolah. Proses menanamkan konsep dalam konteks pembelajaran sains perlu dikembangkan dalam kegiatan ekstrakurikuler sains club yang mewadahi bakat dan minat peserta didik dalam bidang sains, harapannya adalah peserta didik dapat mengaktualisasikan keterampilan yang dimilikinya.
Pengertian Sains Club
Ekstrakurikuler sains club merupakan program ekstrakurikuler yang disusun untuk menggali potensi peserta didik dalam bidang sains, peserta didik yang memiliki bakat dan minat dalam bidang sains dihimpun menjadi sebuah klub atau kelompok. Peserta didik diarahkan dan dibimbing untuk menggali sebuah konsep dengan menggunakan rasa keingintahuannya melalui pengalaman langsung. Melalui esktrakurikuler sains club peserta didik diharapkan mampu mengenali potensi diri dan mampu mengasah keterampilan diri dalam upaya berinisiatif untuk menyelidiki dan menemukan konsep pada sains. Peserta didik dapat menyalurkan ide dan kreatifitas yang dimiliki dengan senang hati, sehingga dapat menuangkan ide dan kreatifitasnya menjadi sebuah penyelidikan yang bemanfaat. Pada jenjang pendidikan yang selanjutnya peserta didik diharapkan sudah mampu mengaplikasikan sains dalam kehidupan serta proses pembelajaran ditingkat jenjang pendidikan selanjutnya.